Selayang Pandang kab bandung


Tanah di kabupaten bandung relatif subur, hasil pelapukan enapan lahar bersitufa, serta aliran lava yang dihasilkan ari letusan gunung berapi yang terjadi dalam beberapa fase lalu. Pemanfaatan lahan diwilayah pegunungan berupa kawasan hutan lindung, hutan industri, hutan wisata, perkebunan teh dan kina sedangkan wilayah kaki gunung dimanfaatkan untuk budi daya tanaman holikultura (terutama sayuran) perkebunan teh dan kebun campuran.

Kabupaten Bandung dikenal sebagai daerah wisata. Udaranya yang sejuk, pemandangan alamnya yang indah, penduduknya yang ramah, serta khasanah Seni Budaya yang khas seperti : seni tari, wayang golek, angklung, calung, dan badawang. Merupakan daya tarik yang telah memberikan andil yang besar dalam pengembangan kepariwisataan Jawa Barat. Kedudukan Kabupaten Bandung yang mengelilingi kota bandung sebagai ibukota propinsi Jawa Barat, mempunyai arti yang sangat penting dan strategis baik dipandang dari segi pembangunan ekonomi, sumber daya manusia, lingkungan hidup, maupun pertahanan dan keamanan sebagai salah satu modal dasar dalam mendorong laju pertumbuhan Kabupaten Bandung.

Sebagian besar dari potensi sumber daya alam diatas secara efektif telah dimanfaatkan pengembangan kegiatan budi daya, baik pertanian maupun non-pertanian, telah mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat kabupaten bandung. Sementara sebagian kawasan lindung yang masih terjaga kelestariannya berfungsi menunjang keberlangsungan pembangunan. Prasarana dan sarana yang semakin lengkap sebagai hasil pembangunan jangka panjang pertama turut menunjang keberhasilan pembangunan.

Pembangunan prasarana angkutan turut menunjang laju pertumbuhan ekonomi kabupaten bandung, hingga tahun 1996, prasarana perhubungan di kabupaten bandung, meliputi jalan negara 125.149 km jalan propinsi 126.701 km jalan kabupaten 336.253 km dan desa 568.235 km. Prasarana yang menghubungkan antara kecamatan antar kota kecamatan dengan desa sudah membaik serta dapat dilalui oleh kendaraan bermotor roda dua dan roda empat.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Real Estate. Powered by Blogger